Valentino Rossi
Ducati Team
Bike: Ducati
Urbino
16/Feb/1979
Weight: 67 kg
Height: 182 cm
Setelah ayahnya, Graziano Rossi, Rossi memulai balapan di Grand Prix pada tahun 1996 untuk Aprilia di kategori 125cc dan memenangkan Kejuaraan Dunia pertama tahun berikutnya. Dari sana, ia pindah ke kategori 250cc dengan Aprilia dan memenangkan Kejuaraan Dunia 250cc pada tahun 1999. Ia memenangkan Kejuaraan Dunia 500cc dengan Honda pada tahun 2001, Kejuaraan Dunia MotoGP (juga dengan Honda) pada tahun 2002 dan 2003, dan terus beruntun nya back-to-back kejuaraan dengan memenangkan gelar 2004 dan 2005 setelah meninggalkan Honda untuk bergabung dengan Yamaha, sebelum mendapatkan kembali gelar pada 2008 dan menyimpannya pada 2009. Dia meninggalkan Yamaha untuk bergabung dengan Ducati untuk musim 2011.
Rossi adalah yang pertama dalam semua waktu 500 cc / MotoGP memenangkan perlombaan klasemen, dengan 79 kemenangan, dan kedua di sepanjang masa menang klasemen keseluruhan dengan 105 menang balapan (di belakang Giacomo Agostini dengan 122). Pada tahun 1994, Aprilia dengan cara Sandroni, digunakan Rossi untuk meningkatkan RS125R dan pada gilirannya memungkinkan dia untuk belajar bagaimana menangani cepat kecepatan baru 125cc balap. Pada awalnya ia menemukan dirinya di sebuah Sandroni di kejuaraan Italia dan terus 1994 untuk naik melalui tahun 1995 kejuaraan Eropa dan Italia.
Rossi memiliki beberapa keberhasilan di musim Kejuaraan Dunia 1996, gagal menyelesaikan lima dari musim ras dan menabrak beberapa kali. Meskipun demikian, pada bulan Agustus ia memenangkan Kejuaraan Dunia pertama Grand Prix di Brno di Republik Ceko pada AGV Aprilia RS125R. Ia menyelesaikan musim di posisi kesembilan dan mulai mendominasi 125cc World Championship di musim 1997 berikut, memenangkan 11 dari 15 ras.
Pada tahun 1998, Aprilia RS250 sudah mencapai puncaknya dan memiliki tim pengendara di Valentino Rossi, Loris Capirossi dan Tetsuya Harada. Kematian dua orang temannya dalam sebuah kecelakaan mobil juga mengambil tol. Ia kemudian menyimpulkan 250cc musim 1998 di tempat kedua, hanya tiga poin di belakang Capirossi. Pada tahun 1999, bagaimanapun, ia memenangkan gelar, mengumpulkan 5 tiang posisi dan 9 menang.
Rossi dihargai pada tahun 2000 untuk Kejuaraan Dunia 250cc dengan diberi tumpangan dengan Honda dalam apa yang kemudian kelas tertinggi di Kejuaraan Dunia balap sepeda motor, 500cc. Jeremy Burgess telah menunjukkan dirinya NSR500 dan yakin bahwa pasangan itu dengan Rossi akan membawa apa-apa tetapi sukses. Pensiunan 500cc Juara Dunia Michael Doohan, yang juga telah Jeremy Burgess sebagai Chief Engineer, bekerja dengan Rossi sebagai mentor pribadinya di tahun pertama di Honda. Hal ini juga akan menjadi pertama kalinya Rossi akan balapan melawan Max Biaggi, Italia lain kepada siapa ia sering dibandingkan oleh pers balap. Ini akan mengambil sembilan balapan sebelumnya Rossi akan menang di Honda tetapi, seperti musim sebelumnya di 125 dan 250, akan pertanda baik untuk musim kedua lebih kuat saat ia selesai kedua ke Amerika Kenny Roberts, Jr.
Rossi memenangkan 500cc Kejuaraan Dunia pertama pada 2001 (menang 11 balapan) pada tahun terakhir dari kelas itu. Pada tahun berikutnya, dua-stroke 500cc masih diperbolehkan, tapi 2002 melihat awal dari empat-stroke 990cc GP Moto kelas, setelah itu mesin 500cc pada dasarnya usang. Pada tahun 2001 Rossi bekerja sama dengan American pembalap Colin Edwards untuk balapan Suzuka 8 Jam ketahanan menumpang VTR1000SPW Honda. Pasangan ini memenangkan lomba meskipun kurangnya Rossi, superbikes balap pengalaman.
0 comments:
Post a Comment
Tinggalkan Komentar